Cara Menulis dan Mengirim Lamaran Kerja via Email

Bagi seorang yang baru lulus dari jenjang sekolah maupun kuliah, langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah mencari pekerjaan. Cara menulis dan mengirim lamaran kerja via email menjadi penting untuk diketahui ketika mencari pekerjaan.

Saat ini zaman sudah berkembang dengan pesat. Jika dulu ketika kita ingin melamar pekerjaan, maka kita perlu mengirimkan berkas cetaknya langsung ke alamat kantor. Namun, saat ini kita bisa lebih mudah untuk mencari kerja secara online.


Berkas lamaran pekerjaan seperti curriculum vitae, surat lamaran kerja, portofolio, dan lain-lain bisa kita masukkan secara online. Salah satunya adalah mendaftar dengan menggunakan email.


Cara Menulis Lamaran Kerja via Email

Apakah kamu ingin tahu bagaimana cara mengirim lamaran lewat email? Berikut kami jelaskan di bawah ini:


1.  Membuat CV

Curriculum vitae atau CV merupakan dokumen wajib yang biasa digunakan untuk melamar pekerjaan. Hampir semua lowongan pekerjaan pasti salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah CV. Nah, pastikan kamu sudah membuat CV untuk melamar pekerjaan.


CV biasanya berisi informasi tentang data diri seperti kontak, alamat, pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, keahlian, dan lain-lain. CV ini merangkum tentang diri kamu hanya dalam satu atau dua lembar kertas.


2. Melengkapi Berkas Lainnya

Tidak hanya CV yang perlu kamu lengkapi saat melamar pekerjaan via email, tetapi berkas persyaratan lain juga. Biasanya berkas lain tersebut adalah surat lamaran, Ijazah terakhir, daftar nilai, KTP, sertifikat, portofolio, foto diri dan lainnya.


Pastikan format file yang diminta sesuai dengan format file yang kamu kirimkan. Jika tidak ada informasi mengenai format, kamu bisa mengirimkan berkas dengan format .pdf saja.


Kemudian, semua berkas disatukan menjadi satu file .pdf tersebut. Tidak perlu memasukkan berkas ke dalam file zip atau rar karena itu bisa menambah pekerjaan rekruter.


3. Gunakan Alamat Email yang Profesional

Cara mengirim surat lamaran kerja lewat email yang benar selanjutnya adalah dengan menggunakan email yang profesional. Jangan sampai rekruter menjadi malas membaca isi lamaran pekerjaanmu lantaran email yang digunakan tidak profesional.


Lalu, seperti apa email yang profesional? Kamu bisa gunakan nama diri kamu di dalam email, seperti ini:


bayuwidodo@gmail.com

bayu.widodo@gmail.com✅

kontak.bayu@gmail.com✅

bayu.widodo10@gmail.com✅


Jangan gunakan email yang tidak profesional seperti ini:

bayuganteng@gmail.com❌

bayuuuu.keceh@gmail.com❌

bayu.ndutzz@gmail.com❌

bayu.wid0d0h@gmail.com❌

4. Menuliskan Alamat Email Perusahaan dan Subjek Email

Setelah semua berkas dan email profesional kamu siapkan, langkah penting selanjutnya adalah menuliskan email perusahaan dan subjek emailnya.


Bagaimana cara mengirim CV ke email? Tenang, tidak hanya CV berkas lain bisa dikirim ke email. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:


  • Pertama, silakan buka Gmail untuk mengirimkan berkas lamaran kerja.
  • Kedua, klik tulis atau compose. Kalau di gmail seperti tanda tambah.
  • Ketiga, isi email perusahaan yang ingin kamu tuju. Disarankan untuk hanya mengirimkan email satu per satu ke perusahaan yang ingin dilamar. Jangan mengirimkan email secara serentak.
  • Keempat, isi subjek email dengan posisi yang ingin dilamar dan nama kamu. Cara menulis subjek lamaran kerja via email yang bisa kamu tiru contohnya: Staff Akuntansi - Reskia Sari

5. Mengisi Body Email dan Melampirkan Berkas Lamaran

Cara terakhir saat menulis lamaran kerja via email adalah dengan mengisi body email dengan isi surat lamaran. Silakan copy paste saja isi dari surat lamaran kamu ke dalam body email.


Isi email lamaran kerja ini penting digunakan sebagai surat pengantar kepada rekruter agar ia memproses lamaranmu.


Terakhir, jangan lupa untuk melampirkan berkas lamaran pekerjaan. Caranya, silakan klik tanda file seperti paper clip (berada di samping icon huruf A). Terus pilih berkas yang dikirim, pastikan formatnya sudah sesuai kebutuhan (biasanya PDF).

Penutup

Demikian artikel mengenai cara menulis dan mengirim lamaran kerja via email. Mencari pekerjaan memang tidak mudah, tetapi apa salahnya untuk terus berusaha mengirimkan lamaran pekerjaan. Semangat untukmu yang sedang mencari kerja!