5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan untuk Bekerja

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas atau sederajat, seseorang bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk bekerja pastilah banyak yang ingin mengetahuinya. Kamu tenang saja karena kami akan membahasnya pada artikel kali ini.

 


Kuliah memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan skill dan kompetensi yang dimiliki sebelum memasuki dunia kerja. Jangan sampai kamu salah dalam memilih jurusan kuliah, ya! 

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan untuk Bekerja

Berikut ini ada 5 jurusan kuliah yang menjanjikan yang bisa kamu simak. Jurusan kuliah di bawah ini sifatnya rekomendasi berdasarkan peminat dan prospek kerja setelah lulu. Apa saja? Yuk, simak berikut ini:

1. Ilmu Kedokteran

Banyak orang yang sepakat bahwa jurusan yang menjanjikan layak disematkan untuk jurusan Ilmu Kedokteran. Pasalnya, jurusan yang satu ini memang menjanjikan masa depan yang cerah. Jurusan kuliah untuk anak IPA yang menjanjikan ini dianggap cerah masa depannya karena kebutuhan untuk pengobatan akan selalu ada selagi manusia masih hidup.

Namun, masa depan yang menjanjikan juga berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan. Kuliah di jurusan yang satu ini membutuhkan banyak biaya mulai dari biaya semester, buku, praktek, hingga biaya mengambil profesinya. 

2. Ilmu Komputer

Lapangan pekerjaan yang luas dengan posisi keren, bergengsi serta bergaji tinggi dipegang oleh Ilmu Komputer. Di era revolusi 4.0 banyak sekali perusahaan baik swasta atau BUMN yang membutuhkan seseorang yang ahli di bidang komputer ini. Jika kamu tertarik mempelajari dunia programming bisa banget ambil jurusan ini. 

Ilmu Komputer termasuk jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja karena banyak posisi yang bisa kamu tempati. Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa menjadi seorang pengembang web, aplikasi, game, konsultan IT, Software Engineering dan masih banyak lagi. 

3. Ilmu Hukum

Salah satu pilihan jurusan kuliah yang menjanjikan selanjutnya adalah Ilmu Hukum. Apakah kamu ingin menjadi seperti Hotman Paris? Seorang lawyer tersohor di tanah air. Yup, abang kita yang satu ini adalah lulusan dari Ilmu Hukum. Jurusan Ilmu Hukum memang terkenal sangat menjanjikan untuk prospek di masa depan. 

Apalagi saat ini tengah merebak bisnis digital yang masih belum secara pasti mengikuti ilmu hukum, terkait masalah hukum jual beli antara pedagang dan konsumen. Selain itu, setiap hari kita selalu dilibatkan dengan masalah hukum mulai dari hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, hukum adat dan banyak lagi. 

4. Jurusan Arsitektur

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi di Indonesia selanjutnya adalah Jurusan Arsitektur. Jurusan yang satu ini menjadi jurusan yang banyak peminatnya. Jurusan Arsitektur ini juga punya prospek masa depan yang menjanjikan. 

Gaji seorang fresh graduate lulusan Jurusan Arsitektur bisa mencapai angka Rp 7 Juta bahkan bisa lebih sesuai jenjang karir mereka. Tertarik mencoba? 

5. Bisnis Digital

Baru-baru ini jurusan Bisnis Digital menjadi primadona banyak orang. Pasalnya, lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan sama industri di tanah air. Sebab, lapangan pekerjaan masih terbuka luas, tetapi sumber daya manusia masih kurang.

 

Kamu bisa berkarir menjadi seorang digital marketer yang mempelajari tentang periklanan secara digital mulai dari Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, TikTok Ads, dan lain-lain. Bagaimana? Mau mencoba jurusan kuliah paling menjanjikan di masa depan yang satu ini? 

Penutup

Ada banyak pilihan jurusan kuliah yang menjanjikan untuk bekerja yang bisa kamu coba. Pilihlah jurusan yang memang kamu sukai dan passion di bidang tersebut. Tidak melulu soal gaji, tetapi soal ketenangan untuk menikmati sebuah pekerjaan. Semangat untuk kalian semua yang sedang mencari jurusan yang tepat!